Gizi Tepat Anak Sehat


A. Pengertian Gizi 

Gizi adalah merupakan komponen kimia dalam makanan yang telah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan, dan membantu perawatan sel-sel tubuh.
Dari beberapa pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa zat gizi merupakan unsur kimia ynag terkandung dalam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Dari masing-masing bahan makan yang dikonsumsi memiliki zat gizi yang berbeda antara makanan yang stau dengan makanan yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat berupa jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan maupun jumlah dari masing-maisng zat gizi yang ada pada makanan.


B.  Kecakupan Gizi Bagi Anak Usia Dini 


Masa anak-anak adalah periode kehidupan yang sangat penting bagi perkembangan fisik danmental. Dalam fase ini, dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Kebutuhan Gizi Untuk Balita dan Pra sekolah (1-5 tahun). Usia balita tidaklah tumbuh sepesat pada masa bayi, tetapi kebutuhan nutrisi merekatetap merupakan prioritas yang utama. Di masa balita ini, nutrisi memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak. Masa balita adalah masa transisi terutama pada usia 1 – 2 tahun dimana anak akan mulai memakan makanan yang padat dan menerima rasa sertatekstur makanan yang baru.Kebutuhan nutrisi pada balita sebenarnya juga dipengaruhi oleh usia, besar tubuh, dan tingkat aktivitas yang dilakukannya.
• Energi : biasanya balita membutuhkan sekitar 1.000 samapi 1.400 kalori per hari.
• Kalsium : dibutuhkan kurang lebih 500 mg per hari.
• Zat besi : anak balita membutuhkan 7 mg per hari.
• Vitamin C dan D.
Tubuh anak terdiri dari struktur tulang, otot, peredaran darah, jaringan otak, dan organ-organ lain. Perkembangan tiap struktur ini sangat dipengaruhi oleh masukan (intake) berbagai macam nutrisi makanan penunjang pertumbuhan.Pada usia 2 tahun ini, anak-anak memiliki kerangkan tubuh berupa tulang rawan sehingadengan pemberian masukan gizi berupa vitamin dan mineral akan mempercepat pembentukan tulang (osifkasi).Anak usia 2 tahun juga sudah mampu untuk berjalan dan melakukan semua gerakantubuh yang dilakukan oleh otot. Hal ini terjadi karena ribuan serabut otot yang semakinmembesar dan terus bekerja. Artinya, otot membutuhkan zat-zat dari asupan makanan yangdiberikan pada anak.2.
Di usia 0 hingga 6 bulan, sumber gizi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung gizi yang sangat lengkap sehingga sudah mencukupi standar kebutuhan gizi bayi. Sementara bagi bayi di usia lebih dari 6 bulan memerlukan asupan makanan pendamping ASI sebagai tambahan sumber gizi bayi.  Ada tiga komponen pokok dalam pemenuhan kebutuhan gizi bayi, yaitu sumber kalori, vitamin dan mineral. Hingga usia 12 bulan, bayi mengalami pertumbuhann yang sangat pesat. Kalori merupakan gizi untuk bayi yang sangat vital di masa ini. Kalori sangat diperlukan oleh tubuh bayi sebagai tenaga untuk melakukan aktifitas hariannya juga untuk menjaga metabolisme tubuhnya
Standar kebutuhan kalori bayi usia 0-3 bulan adalah 116 kkal per kilogram berat badan bayi per hari. Sementara kebutuhan kalori untuk bayi usia 3-12 bulan adalah 100 kkal per kilogram berat badannya per hari. Kebutuhan kalori tadi dapat dipenuhi melalui sumber gizi bayi berupa karbohidrat, protein, dan lemak. Berikut ini daftar standar kebutuhan gizi bayi untuk memenuhi angka kecukupan kalori tersebut:
1.      Karbohidrat yang diperlukan tubuh bayi berkisar antara 40% dari kebutuhan kalori tadi.
2.      Protein yang diperlukan sebesar 10% dari jumlah kebutuhan kalori bayi per hari.
3.      Lemak yang diperlukan sebanyak 40 sampai 50% dari total kebutuhan kalori.
Selain itu, kebutuhan gizi bayi akan vitamin dan mineral juga harus dipenuhi. Berikut ini sebagian daftar standar kebutuhan gizi bayi per hari untuk usia 7 sampai 12 bulan terhadap vitamin dan mineral yang direkomendasikan oleh The George Mateljan Foundation for The World’s Healthiest Foods.
·         vitamin D: 5 mg
·         vitamin E: 5 mg,
·         vitamin K: 2,5 mg
·         vitamin B6: 0,3 mg
·         folat: 80 mg
·         vitamin B12: 0,5 mg
·         kolin: 150 mg
·         vitamin C:50 mg
·         kalsium 570 mg
·         fosfor: 275 mg
·         magnesium: 75 mg
·         zat besi: 11 mg
·         zinc: 3 mg
·         magnesium: 0,6 mg
Makanan masa kini super canggih. Diperkaya prebiotik, AHA/DHA, vitamin hingga
mineral. Semua ini menjadi tantangan baru bagi orang tua untuk lebih jeli terhadap
asupan gizi anak. Pemberian nutrisi pada anak harus tepat, artinya:
·         Tepat kombinasi zat gizinya, antara kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan tubuh anak, yaitu 1-1,5 liter/hari.
·         Tepat jumlah atau porsinya, sesuia yang diperlukan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian.
·         Tepat dengan tahap perkembangan anak, artinya kebutuhan aklori anak berdasarkan berat badan dan usia anak.
 Referensi :

halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/macam-macam-mineral-dan-fungsinya-bagi-tubuh
jensen, eric. 2008. Learn besade learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Yusuf, Liswati dan Kasmita. 2012. Teknik Pengaturan Gizi Dasar. Padang: UNP PRESS
Santoso, soegeng. 2004. Kesahatan dan Gizi. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Dasar Seni 3 M (Menggunting, Melipat dan Menenmpel)

Pandangan Teori Ekologi Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini

Pembelajaran Yang Cocok Dan Sesuai Pada Anak Usia Dini