Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Tentang Sains dan Tema di Semester 1 dan di Semester 2 (TK dan kls awal)
2.1 Sains dan Tema
di Semester 1 (TK & SD kls awal)
Sains adalah sesuatu yang menuntut kecerdasan dan
ketekunan. Di dalam mencari jawaban persoalan, yang merupakan kebenaran ilmiah,
seorang ilmuan harus mengambil keputusan atau pertimbangan yang rasional, sejak
dari melakukan observasi, mengumpul data, menyusun hipotese, melakukan
eksperimen hingga menemukan teori atau hokum.
Secara
singkat, nilai-nilai yang dapat ditanamkan dalam pendidikan sains adaalah:
1.Kecakapan berfikir dan bekerja emnurut
langkah-langkah yang teratur
2.Keterampilan mengadakan pengamatan dan penggunaan
alat-alat eksperimentasi.
3.memiliki sikap ilmiah antara lain;
a.tidak berprasangka dalam mengambil keputusan,
b.sanggup menerima gagasan-gagasan dan saran-saran
baru,
c.sanggup mengubah kesimpulan dari
hasil eksperimennya bila ada bukti-bukti meyakinkan benar
d.bebas dari ketahayulan
e.dapat membedakan antara fakta dan opini
f.membuat perencaanaan teliti sebelum bertindak,
g.teliti,hati-hati,dan seksama dalaam bertindak,
h.ingin tau,apa,mengapa dan bagaaimana demikian?
i.menghargai pendapat dan penemuan para ahli sains,
j.menghargai baik isi maupun metode sains.
Tujuan pendidikan sains adalah
menanamkan suatu sikap hidup yang ilmiah.anak-anak harus menyadari pentingnya
metode dan sikap yang biasa digunakan oleh para ilmuwan. Sikap ini harus di
bawa dalam perjalanan hidupnya,tidak hanya dalam memecahkan soal-soal ilmiah
saja. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk melatih disiplin ilmiah dalam
mencari jawaban antar persoalannya sendiri. Di harapkan dengan demikan jiwa
anak-anak akan terisi dengan sejumlah pengetahuan yang teratur(sains),keingin
tahuan nya tergugah,kemahiran mengamatinya terlatih,dan pendapat-pendapatnya berkembang
maju dalam mengambil keputusan-keputusan yang harus dipertimbangkan dengan akal
emosinya tidak mudah tergoyahkan. Ia harus selalu siap dengan hati terbuka dan
lebih baik tidak mengambil keputasan apa-apa bila bukti-bukti fakta dan
informasi tidak lengkap.
Berikut contoh kegiatan sains di Taman kanak-kanak
1.
Mengisi air kedalam botol dengan sendok
Sains yang diterapkan disini
adalah anak mengenal bahan alam yaitu air dan bahan sisa yaitu botol, dan
sifat- sifat air yaitu, mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, dan air
yang dimasukkan kedalam botol akan mengikuti bentuk botol karna air bersifat
cair.
Aspek yang diterapkan anak melalui permainan ini
adalah
a.
kognitif, dimana anak bisa belajar menghitung dengan
banyaknya air yang dimasukkan dengan sendok ke dalam botol.
b.
Motorik halus, seperti memegang sendok ( dapat melatih
otot-otot jari anak)
c.
Sosial emosional, melaui permainan ini bisa melatih kesabaran serta ketelitian anak
memasukan air kedalam botol tersebut.
d.
Bahasa, dengan interaksi yang dilakukan anak baik dengan
teman atau guru
2.2 Tema Sains di
semester 1 dan 2 (TK & SD Awal)
A. CONTOH TEMA DI TK (TAMAN
KANAK-KANAK).
1. TEMA : TANAMAN
SUB TEMA : MEMILAH BIJI-BIJIAN
DESKRIPSI:
Anak
diminta mengelompokkan berdasrkan warna, misalnya putih, coklat dan hitam.
Selain Itu anak juga dapat mengelompokan bedasarkan bentuk yaitu lonjong,
gepeng dan bulat. Setelah dikelompokan benda-benda dimasukkan ke dalam
lubang-lubang sesuai kelompoknya.
TUJUAN:
Anak Dapat membedakan benda
berdasrkan warna dan bentuk. Jari-jari tangan anak juga dilatih untuk menjumput
benda-benda tersebut.
CARA:
Cuci Bersih biji kurma, biji kenari,
biji kopi dan lainya, kemudian keringkan. Sediakan cetakan kue atau karton
bekas telur. Setelah itu, mintalh anak memilah- milah biji-bijian sesuai
kategori tertentu, menurut warna, bentuk atau besar kecilnya. Selanjutnya,
mintalah anak memasukan benda-benda lubang-lubang cetakan kue atau tempat telur
bekas.
2. TEMA:
BINATANG KESAYANGAN
SUB
TEMA: KUCING, KELINCI, DAN AYAM
DESKRIPSI:
Anak
diminta menceritakan tentang pengalaman binatang kesayangannya dirumah.
TUJUAN:
1.Membantu
anak mengenal bintang-bintang yang hidup dilingkunganya,
2.Anak
dapat melihat bagaimana cara hidup binatang
sesuai dengan kehidupanya.
3.Dapat
membantu anak untuk saling menyayangi dan menghargai makhluk hidup.
CARA
:
1. Menceritakan
binatang kesayangan
2. Melihat
binatang yang ada disekitarnya
3. Mengunjungi
tempat binatang yang dekat dengan anak
4. menyimpulkan
gambar-gambar binatang
5. mengumpulkan
gambar binatang yang memilki kehidupan sama
B.
CONTOH LAIN TEMA DI TAMAN KANAK-KANAK
Program
Pembelajaran Penggunaaan Tema/Subtema
Semester
I
Taman
Kanak-Kanak Al-Qur’an Amel Saleh
NO.
|
TEMA/SUBTEMA
|
ALOKASI WAKTU
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
1.
|
Diri Sendiri
·
Identitas Diri
·
Mengenal Tubuhku
·
Panca Indra
|
1
Minggu
1,2,3
|
·
Juli Minggu Ke
III
·
Agustus Minggu
Ke III
·
Agustus Minggu
Ke IV
|
2.
|
Lingkunganku
·
Keluargku
·
Tetanggaku
·
Rumahku
·
Sekolahku
|
4
Minggu
4,5,6,7
|
·
September
Minggu Ke I
·
September Minggu
Ke II
·
September
Minggu III
·
Oktober Minggu
Ke IV
|
3.
|
Kebutuhanku
·
Makanan Dan
Minuman
·
Pakaian
·
Kebersihan,
Kesehatan, Dan Keamanan
|
4
Minggu
8,9,10,11
|
·
Oktober Minggu
Ke I
·
Oktober Minggu
Ke II
·
Oktober Minggu
Ke III
·
Oktober Minggu
Ke IV
|
4.
|
Binatang
·
Binatang Darat
·
Binatang Air
·
Binatang Udara
|
2
Minggu
12,13,14
|
·
November
Minggu Ke I
·
November
Minggu Ke II
·
November
Minggu Ke III
|
5.
|
Tanaman
·
Tanaman Hias
·
Tanaman Buah
·
Sayur-sayuran
|
3
Minggu
15,16,17
|
·
November
Minggu Ke IV
·
Desember
Minggu Ke I
·
Desember
Minggu Ke II
|
|
JUMLAH
|
17 Minggu
|
|
Program Pembelajaran Penggunaan Tema/Subtema
Semester II
Taman Kanak-Kanak AL-Qur’an Amal Saleh
No.
|
Tema/Sub tema
|
Alokasi Waktu
|
Waktu Pelaksanaan
|
1.
|
Tanaman
·
Pohon-Pohonan
|
1 Minggu
|
·
Januari Minggu
Ke 1
|
2.
|
Rekreasi
·
Kendaraan Darat
·
Kendaraan Air
·
Kendaraan
|
4
Minggu
1,2,3,4
|
·
Januari Minggu
Ke 2
·
Januari Minggu
Ke 3
·
Februari Minggu
Ke 4
·
Februari
Minggu Ke 3
|
3.
|
Pekerjaan
·
Pegawai (Guru,
Polisi, Dokter, Tentara, dll)
·
Buruh (Petani,
Nelayan, Tukang, Pemulung, dll)
·
Pedagang
|
3
Minggu
5,6,7
|
·
Februari
Minggu Ke 1
·
Februari
Minggu Ke 2
·
Februari
Minggu Ke 3
|
4.
|
Air,
Udara, dan Api
|
2
Minggu
8,9
|
·
Februari
Minggu Ke 4
·
Maret Minggu
Ke 1
|
5.
|
Alat
Komunikasi
·
Media
Elektronik
·
Radio,
Telepon, Hp, dll
·
Media Cetak
(Koran, Majalah, Surat)
|
2
Minggu
10,11
|
·
Maret Minggu
Ke 2
·
Maret Minggu
Ke 3
|
6.
|
Tanah
Airku
|
3
Minggu
12,13,14,
|
·
Maret Minggu
Ke 4
·
April Minggu
Ke 1
·
April Minggu
Ke 2
|
7.
|
Alam
Semesta
·
Bumi dan
Langit
·
Benda-benda
Langit (Bulan, Bintang, Matahari)
·
Gejala Alam
(Banjir, Tanah Longsor, Gempa, dll)
|
3
Minggu
15,16,17
|
·
April Minggu
Ke 3
·
April Minggu
Ke 4
·
April Minggu
Ke 5
|
|
JUMLAH
|
17 Minggu
|
|
C.
CONTOH TEMA DI SD
AWAL
1. TEMA:
ALAM SEMESTA
SUB
TEMA: BENDA PADAT DAN BENDA CAIR (BENDA MATI)
DESKRIPSI:
Anak
diminta mengetahui perbedaan antara benda padat dan benda cair serta mendidik
sikap jiwa dan kesanggupan menyesuaikan dri dengan situasi.
TUJUAN:
1.Mengenal
perbedaan antara benda padat dan benda cair.
2.
Mendidik kesanggupan menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapi
3.Mengenal
sifat-sifat khas dari benda padat dan benda cair.
4.Mendidik
sikap jiwa tertentu atau tingkah laku
terhadap benda ini
ALAT/BAHAN:
1.Batu,
kerikil, paku, cincin, penghapus papan.
2.Air,
susu, minyak tanah, minyak goreng, setrup, tinta
3.Panci,
kaleng, botol-botol dalam berbagai bentuk, kaleng berlubang
2. TEMA:
ALAM SEMESTA
SUBTEMA: MEMBUAT TETARIUM
TUJUAN:
1.Memahami tiap mahluk hidup mempunyai lingkungan
(tempat) hidupnya sendiri, sesuai dengan keadaan tubuhnya
2.Mengamati
tingkah laku binatang di dalam tetarium
ALAT/BAHAN:
1.Aquarium
2.Tanah
3.Ranting/pohon
4.Pakis,
lumut, rumput-rumputan
5.Kuali
kecil, yang dapat berfungsi sebagai kolam didalam aquarium
CARA MEMBUAT:
1.Tanah
dimasukkan kedalam aquarium
2.Ranting
dimasukkan kedalam aquarium untuk menjadi tempat bersembunyi
3.Pakis
diletakkan didalam aquarium
4.Membuat
kolam di dalam tetarium dengan menggunakan kuali
5.Mencari
katak, kadal dan kura-kura
6.Mengisi
dan mengatu tetarium
Pelajaran sains di taman kanak-kanak
dan sekolah dasar kelas 1 adalah ntuk memperkenalkan alam kepada anak.
Pelajaran sains dikelas-kelas tersebut berusaha untuk memenuhi kebutuah anak
untuk berekplorasi, untuk memperkenalkan hal-hal kepada anak yang tidak tau
menjadi tau dan hal-hal yang belum mreka kenal, dan untuk menyadarkan mereka
akan hal-hal yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari.
Komentar
Posting Komentar