Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Tentang Sains dan Tema di Semester 1 dan di Semester 2 (TK dan kls awal)


2.1 Sains dan Tema di Semester 1 (TK & SD kls awal)
Sains adalah sesuatu yang menuntut kecerdasan dan ketekunan. Di dalam mencari jawaban persoalan, yang merupakan kebenaran ilmiah, seorang ilmuan harus mengambil keputusan atau pertimbangan yang rasional, sejak dari melakukan observasi, mengumpul data, menyusun hipotese, melakukan eksperimen hingga menemukan teori atau hokum.
       Secara singkat, nilai-nilai yang dapat ditanamkan dalam pendidikan sains adaalah:
1.Kecakapan berfikir dan bekerja emnurut langkah-langkah yang teratur
2.Keterampilan mengadakan pengamatan dan penggunaan alat-alat eksperimentasi.
3.memiliki sikap ilmiah antara lain;
a.tidak berprasangka dalam mengambil keputusan,
b.sanggup menerima gagasan-gagasan dan saran-saran baru,
c.sanggup mengubah kesimpulan dari hasil eksperimennya bila ada bukti-bukti meyakinkan benar
d.bebas dari ketahayulan
e.dapat membedakan antara fakta dan opini
f.membuat perencaanaan teliti sebelum bertindak,
   g.teliti,hati-hati,dan seksama dalaam bertindak,

h.ingin tau,apa,mengapa dan bagaaimana demikian?
i.menghargai pendapat dan penemuan para ahli sains,
j.menghargai baik isi maupun metode sains.

Tujuan pendidikan sains adalah menanamkan suatu sikap hidup yang ilmiah.anak-anak harus menyadari pentingnya metode dan sikap yang biasa digunakan oleh para ilmuwan. Sikap ini harus di bawa dalam perjalanan hidupnya,tidak hanya dalam memecahkan soal-soal ilmiah saja. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk melatih disiplin ilmiah dalam mencari jawaban antar persoalannya sendiri. Di harapkan dengan demikan jiwa anak-anak akan terisi dengan sejumlah pengetahuan yang teratur(sains),keingin tahuan nya tergugah,kemahiran mengamatinya terlatih,dan pendapat-pendapatnya berkembang maju dalam mengambil keputusan-keputusan yang harus dipertimbangkan dengan akal emosinya tidak mudah tergoyahkan. Ia harus selalu siap dengan hati terbuka dan lebih baik tidak mengambil keputasan apa-apa bila bukti-bukti fakta dan informasi tidak lengkap.
Berikut contoh kegiatan sains di Taman kanak-kanak
1.      Mengisi air kedalam botol dengan sendok
Sains yang diterapkan disini adalah anak mengenal bahan alam yaitu air dan bahan sisa yaitu botol, dan sifat- sifat air yaitu, mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, dan air yang dimasukkan kedalam botol akan mengikuti bentuk botol karna air bersifat cair.
Aspek yang diterapkan anak melalui permainan ini adalah
a.       kognitif, dimana anak bisa belajar menghitung dengan banyaknya air yang dimasukkan dengan sendok ke dalam botol.
b.      Motorik halus, seperti memegang sendok ( dapat melatih otot-otot jari anak)
c.       Sosial emosional, melaui permainan ini  bisa melatih kesabaran serta ketelitian anak memasukan air kedalam botol tersebut.
d.      Bahasa, dengan interaksi yang dilakukan anak baik dengan teman atau guru


2.2 Tema Sains di semester 1 dan 2 (TK & SD Awal)      

A.    CONTOH TEMA DI TK (TAMAN KANAK-KANAK).
1.      TEMA  : TANAMAN
SUB TEMA : MEMILAH BIJI-BIJIAN
DESKRIPSI:
       Anak diminta mengelompokkan berdasrkan warna, misalnya putih, coklat dan hitam. Selain Itu anak juga dapat mengelompokan bedasarkan bentuk yaitu lonjong, gepeng dan bulat. Setelah dikelompokan benda-benda dimasukkan ke dalam lubang-lubang sesuai kelompoknya.
TUJUAN:
Anak Dapat membedakan benda berdasrkan warna dan bentuk. Jari-jari tangan anak juga dilatih untuk menjumput benda-benda tersebut.
CARA:
Cuci Bersih biji kurma, biji kenari, biji kopi dan lainya, kemudian keringkan. Sediakan cetakan kue atau karton bekas telur. Setelah itu, mintalh anak memilah- milah biji-bijian sesuai kategori tertentu, menurut warna, bentuk atau besar kecilnya. Selanjutnya, mintalah anak memasukan benda-benda lubang-lubang cetakan kue atau tempat telur bekas.
2.      TEMA: BINATANG KESAYANGAN
SUB TEMA: KUCING, KELINCI, DAN AYAM
DESKRIPSI:
Anak diminta menceritakan tentang pengalaman binatang kesayangannya dirumah.
TUJUAN:
1.Membantu anak mengenal bintang-bintang yang hidup dilingkunganya,
2.Anak dapat melihat bagaimana cara hidup binatang  sesuai dengan kehidupanya.
3.Dapat membantu anak untuk saling menyayangi dan menghargai makhluk hidup.
CARA :
1.      Menceritakan binatang kesayangan
2.      Melihat binatang yang ada disekitarnya
3.      Mengunjungi tempat binatang yang dekat dengan anak
4.      menyimpulkan gambar-gambar binatang
5.      mengumpulkan gambar binatang yang memilki kehidupan sama

B.     CONTOH LAIN TEMA DI TAMAN KANAK-KANAK
Program Pembelajaran Penggunaaan Tema/Subtema
Semester I
Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Amel Saleh
NO.
TEMA/SUBTEMA
ALOKASI WAKTU
WAKTU PELAKSANAAN
1.
Diri Sendiri
·         Identitas Diri
·         Mengenal Tubuhku
·         Panca Indra
1        Minggu
1,2,3
·         Juli Minggu Ke III
·         Agustus Minggu Ke III
·         Agustus Minggu Ke IV
2.
Lingkunganku
·         Keluargku
·         Tetanggaku
·         Rumahku
·         Sekolahku
4        Minggu
4,5,6,7


·         September Minggu Ke I
·         September Minggu Ke II
·         September Minggu III
·         Oktober Minggu Ke IV
3.
Kebutuhanku
·         Makanan Dan Minuman
·         Pakaian
·         Kebersihan, Kesehatan, Dan Keamanan
4        Minggu
8,9,10,11
·         Oktober Minggu Ke I
·         Oktober Minggu Ke II
·         Oktober Minggu Ke III
·         Oktober Minggu Ke IV
4.
Binatang
·         Binatang Darat
·         Binatang Air
·         Binatang Udara
2        Minggu
12,13,14
·         November Minggu Ke I
·         November Minggu Ke II
·         November Minggu Ke III
5.
Tanaman
·         Tanaman Hias
·         Tanaman Buah
·         Sayur-sayuran
3        Minggu
15,16,17

·         November Minggu Ke IV
·         Desember Minggu Ke I
·         Desember Minggu Ke II

JUMLAH
17 Minggu


Program Pembelajaran Penggunaan Tema/Subtema
Semester  II
Taman Kanak-Kanak AL-Qur’an Amal Saleh
No.
Tema/Sub tema
Alokasi Waktu
Waktu Pelaksanaan
1.
Tanaman
·         Pohon-Pohonan
1    Minggu
·         Januari Minggu Ke 1
2.
Rekreasi
·         Kendaraan Darat
·         Kendaraan Air
·         Kendaraan
4        Minggu
1,2,3,4

·         Januari Minggu Ke 2
·         Januari Minggu Ke 3
·         Februari Minggu Ke 4
·         Februari Minggu Ke 3
3.
Pekerjaan
·         Pegawai (Guru, Polisi, Dokter, Tentara, dll)
·         Buruh (Petani, Nelayan, Tukang, Pemulung, dll)
·         Pedagang
3        Minggu
5,6,7
·         Februari Minggu Ke 1
·         Februari Minggu Ke 2
·         Februari Minggu Ke 3
4.
Air, Udara, dan Api
2        Minggu
8,9
·         Februari Minggu Ke 4
·         Maret Minggu Ke 1
5.
Alat Komunikasi
·         Media Elektronik
·         Radio, Telepon, Hp, dll
·         Media Cetak (Koran, Majalah, Surat)
2        Minggu
10,11
·         Maret Minggu Ke 2
·         Maret Minggu Ke 3
6.
Tanah Airku
3        Minggu
12,13,14,
·         Maret Minggu Ke 4
·         April Minggu Ke 1
·         April Minggu Ke 2
7.
Alam Semesta
·         Bumi dan Langit
·         Benda-benda Langit (Bulan, Bintang, Matahari)
·         Gejala Alam (Banjir, Tanah Longsor, Gempa, dll)
3        Minggu
15,16,17
·         April Minggu Ke 3
·         April Minggu Ke 4
·         April Minggu Ke 5

JUMLAH
17 Minggu


C.     CONTOH TEMA DI SD AWAL
1.      TEMA: ALAM SEMESTA
SUB TEMA: BENDA PADAT DAN BENDA CAIR (BENDA MATI)
DESKRIPSI:
Anak diminta mengetahui perbedaan antara benda padat dan benda cair serta mendidik sikap jiwa dan kesanggupan menyesuaikan dri dengan situasi.
TUJUAN:
1.Mengenal perbedaan antara benda padat dan benda cair.
2. Mendidik kesanggupan menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapi
3.Mengenal sifat-sifat khas dari benda padat dan benda cair.
4.Mendidik sikap jiwa tertentu atau  tingkah laku terhadap benda ini

ALAT/BAHAN:
1.Batu, kerikil, paku, cincin, penghapus papan.
2.Air, susu, minyak tanah, minyak goreng, setrup, tinta
3.Panci, kaleng, botol-botol dalam berbagai bentuk, kaleng berlubang

2.      TEMA: ALAM SEMESTA

     SUBTEMA: MEMBUAT TETARIUM
      TUJUAN:
1.Memahami tiap mahluk hidup mempunyai lingkungan (tempat) hidupnya sendiri, sesuai dengan keadaan tubuhnya
2.Mengamati tingkah laku binatang di dalam tetarium
      ALAT/BAHAN:
1.Aquarium
2.Tanah
3.Ranting/pohon
4.Pakis, lumut, rumput-rumputan
5.Kuali kecil, yang dapat berfungsi sebagai kolam didalam aquarium
     CARA MEMBUAT:
1.Tanah dimasukkan kedalam aquarium
2.Ranting dimasukkan kedalam aquarium untuk menjadi tempat bersembunyi
3.Pakis diletakkan didalam aquarium
4.Membuat kolam di dalam tetarium dengan menggunakan kuali
5.Mencari katak, kadal dan kura-kura
6.Mengisi dan mengatu tetarium
            Pelajaran sains di taman kanak-kanak dan sekolah dasar kelas 1 adalah ntuk memperkenalkan alam kepada anak. Pelajaran sains dikelas-kelas tersebut berusaha untuk memenuhi kebutuah anak untuk berekplorasi, untuk memperkenalkan hal-hal kepada anak yang tidak tau menjadi tau dan hal-hal yang belum mreka kenal, dan untuk menyadarkan mereka akan hal-hal yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Dasar Seni 3 M (Menggunting, Melipat dan Menenmpel)

Pandangan Teori Ekologi Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini

Pembelajaran Yang Cocok Dan Sesuai Pada Anak Usia Dini